tukangtranslate

menerjemahkan dengan software…

In software penerjemahan on February 20, 2008 at 4:02 pm

Selama ini saya dalam menterjemahkan selalu berusaha untuk jujur (seperti seorang penterjemah baik yang semsestinya) dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik pada karya terjemahan saya..sehingga hasilnya bisa dimengerti dan dipahami dengan mudah oleh semua pembacanya…tapi…berhubung yang memberikan order terjemahan seringkali dalam tingkat urgensi yang amat sangat mendadak (mintanya diselesaikan dengan cepat), jadi kebanyakan dari mereka akan “nge’gampangin” dan mereka tidak mempedulikan bagaimana proses penterjemahan tersebut berlangsung (riset, tanya sana-sini, dll)hingga terjemahan tersebut diselesaikan.

Karena saya masih baru dan rindu order…jadi setiap kali ada order untuk menterjemahkan selalu saya kerjakan dengan sebaik-baiknya…dan menyelesaikannya dalam tengat waktu yang diberikan(kadang lebih cepat lagi…karena terlalu bersemangat…wah ntar bisa buat ini-itu..)…tapi ternyata sewaktu saya menyerahkan hasil terjemahan saya kepada si klien….(dan belum dibaca ataupun dipahami oleh klien saya tersebut…dipegang ditangannya aja baru…)…si klien tersebut langsung saja mengajukan pertanyaan…”ini ngerjainnya pake transtool ya..?”(wahhh…antara kesal dan…pokonya campur aduk deh rasanya…mau ga mau saya harus dengan tenang menjawab dengan baik)…”tidak bu”…(terus saya jelasin deh prosesnya…ehhh…dia malah nambah nyeletuk)…”koq cepat sih?”…(dalam hati..gila kali ya….besok2 kalo ada klien yang kaya gini gua ga akan terima deh…makasih…)dan mau ga mau lagi-lagi saya harus tersenyum…(hampir kering gigi gua..)…udah nih…kayaknya dia mulai paham…terus berlanjut ke itung-itungan duit…(mo bayar nih…)pas itungan terakhir…rada sadar kali dia…terus nanya lagi..”ko murah ya?” (weis…edan tenan…udah ga usah dibahas lagi…gua juga ikutan bingung jadinya…)dikasih murah, cepat, dan beres hasil terjemahannya…malah dapet yang kaya gini…wahhh….

Ok jadi mulai sekarang saya sediain software2 yang biasa dipergunakan oleh mereka yang gayanya lebih namun mencari kualitas yang minim…yang gayanya kaya pejabat,kuliahnya tinggi2 dan jauh2 tapi masih nawar juga…nahh…daripada ngomong cuape d…mendingan sini ..gua kerjain d…sekalian nih harganya…tapi jelas resikonya ya…

Transtool : Rp.4000,- /per halaman asli (tanpa di-edit)
Kelebihannya :
pake bahasa melayu (malaysia )kayaknya…
Dulu sih sempet ngetop…mungkin dvd bajakan pada pake ini kali ya…
Kekurangannya:
Cuma ampuh menterjemahkan per paragraph…selebihnya koslet…

Indopreter : Rp.5000,-/ per halaman asli (tanpa di-edit)
Kelebihannya :
pake bahasa Indoneia dan hasil karya anak bangsa kayaknya…(kurang jelas juga ni)hargannya murah yang versi student cuma seharga Rp.70-80.000,-mampu ngenalin huruf miring,dalam kurung…dll…
penjelasan tehknisnya biar yang berpengalaman dibidangnya aja…
Kekurangannya:
hanya ampuh per halaman…selebihnya biasa…koslet…

Smart yang katanya lebih bagus dari Rekso : Rp. 6000,-/per halaman asli (tanpa di-edit)
Kelebihannya :
pake bahasa Indonesia..Bisa menterjemahkan per dokumen sekaligus…(gua pernah sampe 70 hal)…kali ini sesuai permintaan klien..hehehe…
Kekurangannya:
harganya mahal banget Rp.800-900.000,- untuk paket satu bundel CD orisinil, buku panduan (dalamnya ada no.telp. HOTLINE…Ini penting) dan dapet tas karton yang dicetak dengan biaya tinggi..Ga bisa menterjemahkan Tabel, atau dokumen yang ada karakter Khususnya( mis: .,%#*&$)Bahasa Indonesianya terlalu baku..jadi tetap susah untuk dipahami..Musti discan dulu..ngebetulin huruf2 yang ga kebaca(jumlahnya bejibun…)diterjemahin sama smart…baru musti diedit lagi…(ampunn…)min 3x kerja per satu dokumen…

*catatan tambahan : menurut pengamatan saya semua software ini mempergunakan kosakata yang itu-itu saja dalam menterjemahkan (biarpun database vocabulary’nya banyak sekali )..jadi tetap tidak bisa menangkap nuansa..emosi..ataupun maksud yang tepat sesuai dengan konteksnya… so it goes without sayings…ono rego ono rupo…

Leave a Reply

